Kamis, 07 Mei 2015

Amigurumi

Krik, krik, krik,
Rasanya blog saya sudah dipenuhi sarang laba-laba :D
Rasanya sudah lama saya tidak menulis di blog ini. Padahal blog ini judulnya “My Daily Notes” yang seharusnya saya isi dengan catatan-catatan kegiatan yang saya lakukan setiap hari. Maklum saja lah, beberapa waktu yang lalu saya harus fokus untuk melewati Ujian Akhir Semester dan sekarang saya sedang liburan di rumah. Liburan seharusnya ada banyak waktu untuk saya menulis sesuatu di blog ini, tapi apalah daya saya terlalu sibuk dengan mainan baru saya. Amigurumi.. :D

Mungkin beberapa dari pembaca belum tahu apa itu amigurumi. Amigurumi adalah seni merajut dari Jepang yang membuat benda dari rajutan berbentuk hewan, tumbuhan dan lain-lain. Saya juga baru tahu setelah membaca di wikipedia kalau amigurumi itu berasal dari Jepang, saya kudet banget ya.

Nah, kemarin sebelum pulang kampung saya sempat mengunjungi toko buku di dekat kampus saya. Di sana saya menemukan sebuah buku yang sampulnya adalah gambar mainan (boneka) yang dirajut. Saya sempat tergoda untuk membelinya apalagi saat itu sedang ada big sale. Tapi setelah saya melihat dibalik sampul tersebut tertera harga yang cukup mampu membuat saya menelan ludah, saya pun ragu. Akhirnya saya pulang dengan tangan kosong.

Malam saat di kos, saya tidak bisa berhenti memikirkan buku tersebut. Saya tetap tidak tenang sebelum saya memiliki buku tersebut. Saya mencoba mengendalikan pikiran saya agar lebih rasional. Saya perlu ongkos untuk pulang kampung dan saya juga ingin buku itu. Saya pun menghitung kembali apakah uang saya cukup dan alhamdulillah uang saya cukup. Saya juga terpikir akan kata-kata Ibu saya “tidak ada yang mahal dibandingkan ilmu bermanfaat yang kamu dapat, Nduk”. Saya jadi semakin yakin untuk membeli buku itu. Keesokan paginya saya memutuskan untuk membeli buku tersebut. Saya senang sekali karena buku ini mengantarkan saya belajar ilmu baru tentang rajut merajut.


Ini adalah buku yang membuat saya kepikiran :D



Buku karangan Kak Iprih Covalimawati. Sebenarnya ada buku lain yang juga membahas amigurumi dan kreasi dari rajutan lainnya namun, saya lebih tertarik dengan buku ini entah kenapa. Saya akan membahas sedikit tentang buku ini. Menurut saya, buku ini cukup bagus untuk pemula yang sedang belajar amigurumi karena di buku ini dijelaskan teknik dasar membuat amigurumi yang menurut saya mudah dipahami. Berikut adalah contohnya.
Amigurumi yang di bahas di buku ini cukup simpel sehingga mudah diikuti. Selain memberikan pola dengan kalimat, Kak Iprih juga memberikan pola gambar. Hal ini cukup memudahkan bagi orang-orang tertentu yang hanya bisa memahami pola dengan kalimat maupun hanya mampu membaca pola bergambar. Contohnya saja saya dan Ibu saya. Ibu saya lebih mudah memahami pola dengan kalimat sedangkan saya lebih mudah memahami pola bergambar.

Saya mencoba beberapa pola dan Ibu saya juga tidak mau kalah. Kalau ditanya hasilnya lebih rapi mana jawabannya sudah jelas lebih rapi buatan Ibu saya karena beliau lebih berpengalaman daripada saya. Selain itu Ibu saya juga lebih telaten daripada saya. 

Berikut adalah amigurumi buatan saya.


Dan ini adalah amigurumi buatan Ibu saya.



Nah, cukup sekian yang bisa saya sampaikan. Apakah setelah membaca tulisan ini pembaca ingin belajar membuat amigurumi juga? :D

Tidak ada komentar :

Posting Komentar